Sunday, November 6, 2011

JARINGAN KOMPUTER

Pengertian dari jaringan (network) adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang saling berhubungan. Informasi dan data dihubungan melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan kompuyter dapat saling bertukar informasi, dokumen dan data, serta mencetak dengan printer yang sama. Selain itu, juga dapat bersama-sama menggunakan hardware atau software yang terhubun dengan jaringan.

Jaringan komputer ada era globalisasi ini hampir merpakanj suatu keharusan, karena penggunaan jaringan komputer dapat membantui pengguna bekerja lebih cepat prktis dan efisien baik tenaga maupun waktu.


1. JENIS-JENIS JARINGAN

Jaringan komputer ada 3 jenis, antara lain sebagai berikut:

· Local Area Network (LAN)

Lokal Area Network (LAN) adalah suatu jarinan ang menggabungksn antara perangkat keras dan perangkat lunak setiap komputer dengan mempunyai data yan sama dan mempunyai kecepatantransfer data tingi agar dapat saling bekomunikasi (sharing) dalam area kerja tertentu.

· Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN) merupakan system jaringan komputer yang mempunyai area kerja antar satu kota dalam suatu provinsi. Area jariongan MAN lebih besar daripada jaringan area LAN. Jaringan MAN berguna untuk membangun jaringan di kantor-kantor dalam wilayah satu kota, gedung, pabrik, kampus dan kantor pusat yan masih ada dalam 1 jangkauannya.

· Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network adalah jaringan komputerv yang ruang lingkupnya mencapai antar provinsi bahkan antar negara. Biasanya menggunakan jaringan satelit atau jariongan bawah laut. Misalnya pada jaringan Bank ABN UMRO.
2. KOMPONEN PERANGKAT KERAS UNTUK PEMBANGUNAN JARINGAN

Untuk membangun jaringan LAN dibutuhkan beberapa komponen penting, diantaranya sebagai berikut.

a. Komputer untuk server, yaitu suatu komputer yang dijadikan sebagai pusat atau pengandali yan berisi program dan data serta berfungsi sebagai penyedia layanan kepada komputer atau program lain yan sama atau berbeda.

b. Komputer untuk workstation (client), yaitu komputer yang dijadikan sebgai client, yang bekerja sebagai pengolah data yan diakses dari komputer server.

c. LAN card atau NIC (Network Interface Card), yaitu perangkat keras untuk melakukan komunikasi antar komputer atau antar jaringan
d. Hub, digunakan untuk menghubungkan beberapa antar segmen Ethernet menjadi satu segmen. Dalam hal ini, komputer yang terhubung dalam sebuah hub melakukan pertukaran data secara bergantian.

e. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), digunakan untuk menghubungkan komputer dalam suatu jaringan.

f. Konektor RJ 45 merupakan penghubung atau konektor untuk kabel UTP.

Selain komponen untuk perangkat keras di atas peralatan lain yang dibutuhkan untuk meningkatkan atau memperluas jaringan (Internetworking) adlah sebagai berikut.
1. switch, berfungsi untuk mengalokasikan jalur lalu lintas data dari setiap segmenjaringan ke jaringan tujuan. Dengan menggunakan switch, lalu lintas dari dan ke beberapa segmen jaringan daopat dilakukan seara bersama-sama.
2. repeater, meupakan periferal untuk mengulangi sinyal yangditerima sebelum dikiri ke alamat tujuan dalam system jaringan. Repeaterini dapat tergabuing dengan hub yang sering disebut denan hub aktif
3. bridge, merupakan periferal jaringan mengubungkan beberapa segmen jaringan sepanjang jalur data. Periferal ini digunakan untuk menggabungkan beberapa jaringan.
4. gateaway, yaitu alat alat yang dipakai jika jarinan osi dari 2 buah jaringan LAN benar-benar tidak identik. OSI merupakan suatu standar komunikasi antar mesin yang terdiri atas 7 lapisan. Jika OSI berasal dari jaringan yang berbeda, maka jaringan menggunakan arsitektur yang berbeda pula. Hal ini berarti ketrujuh lapisan OSI juga berlainan.
3. TOPOLOGI JARINGAN
Topologiu jaringan merupakan arsitektur komputer jaringan, yaitu bagfaiman suatu jaringan disusun sedemekian rupa sehingga komputer dapat salin terhubung satu dengan yang lainnya.
a. Topologi Bus
Jaringan yang menggunaka topologi bus diseut uga dengan linier bus karena hubungannya hanya melalui satu kabek yang linier
b. Topologi Star (bintang)
Dalam topologi star, hubungan antarnode duhubungkan dengan peralatan yang disebut dengan hub atau concentrator.
c. Topologi Ring
Setiap node dalam topologi ring saling berhubungan dengan node lainnya sehingga berbentuk seperti lingkaran.
4. PERALATAN JARINGAN

Hubungan komunikasi antar komputer harus mengunaka suatu peralatan yang dipasang.

a. kartu antar muka jaringan ( NIC)

kartu antar muka jaringan yang disingkat NIC atau juga disebut adaptor merupakan peraalatan utama yang harus ada uintuk menunjang komunikai antar komputer.

b. Media Penghubung Jaringan

1. jaringan menggunakan kabel (Wired Network)

beberapa macam kabel yang sering digunakan pada jaringan komputer, antara lain:

a) kabel UTP ( Unshielded Twisted Pair)
b) kabel STP ( Shielded Twisted Pair)
c) kabel koaksial

d) serat optik

5. PROTOKOL JARINGAN

Merupakan suatu yang sama dalan cara komunikasi berkomunikasi antar komputer.

· Protokol Komunikasi Antarperalatan Jaringan

· Protokol Dari Siste Operasi Yang Digunakan

6. CARA KERJA JARINGAN

Cara kerja dan jaringan komputer dapoat dilihat dari tipe jaringannya

A. Jaringan Berbasis Server

Disebut juga client-server terdiri dari server yang biasanya menggunakan system operasi windows 2000 server, dan cloent menggunakan system operasi Windows 98se, Windows 2000 profesional dan windows xp sert yang lainnya.

B. Jaringan Peer To Peer

Pada jaringan peer to peer, setiap kompurter dapat membuka account user dan berbagi sumber (sharing) dengan komputer yang lain dalam suatu jaringan, sehingga bersifat sebagai server sekaligus bersikap workstation.



7. MODEM

Dua jenis modem :

a. modem internal

b. modem eksternal
merek modem yang dapat anda temukan di pasaran antara lain:
a. robotic
b. prolink
c. rockwell’
d. tp-link
e. d-link

No comments:

Post a Comment