Thursday, March 8, 2012

Marketing Strategy Software House

Didalam sebuah bisnis sangatlah dibutuhkan sebuah strategi pemasaran dari produk perusahaan tersebut, upaya ini sangat berpengaruh pada penjualan produk perusahaan dan juga untuk kelanjutan dari perusahaan tersebut serta untuk meningkatkan hasil produk. Upaya yang dapat dilakukan dalam pemasaran produk ini dapat berupa advertising(iklan), bentuk potongan harga (diskon), online marketing(e-commerce), dan masih banyak lagi. Peranan dari promosi/atau pemasaran ialah sebagai berikut :


  • Memperkenalkan produk atau jasa serta mutunya kepada masyarakat.
  • Memberitahukan kegunaan dari barang atau jasa tersebut kepada masyarakat serta cara penggunaanya.
  • Memperkenalkan barang atau jasa baru
Dengan tema yang sama seperti postingan lalu yaitu masih seputar tentang bisnis dibidang software house, maka pada postingan saya kali ini akan mengulas tentang strategi pemasaran dari bisnis software house tersebut.

Dalam bisnis software house promosi dapat dilakukan dalam bentuk iklan(advertising) dengan membuat web software house tersebut, flyer yang dibagikan, atau memperkenalkan sotware house tersebut pada jejaring sosial yang sedang marak dilakukan pebisnis pada saat ini seperti, facebook, twitter, ataupun blog.

Software House juga dapat mempromosikan software house tersebut dalam hal layanan kepada pembeli, seperti contoh jika ada pembeli ingin dibuatkan software menyesuaikan dengan waktu yang dibutuhkan pembeli maka diharapkan perusahaan menepati semua perjanjijan mengenai waktu yang sudah disetujui dengan client tersebut. Pelayanan yang cepat dan dengan hasil yang baik adalah yang digemari para pembeli. Ini adalah strategi promosi terbaik menurut saya karena dengan menampilkan hasil yang baik para pembeli akan menyukai kinerja dari software house tersebut dan pembeli juga dapat mempromosikan kepada calon pembeli lain agar dibuatkan software pada software house tersebut.

Pada kenyataannya pemasaran yang mungkin juga sangat efektif ialah pemasaran secara tradisional yaitu dengan cara dari mulut ke mulut. Jadi apabila seorang pelanggan bisa puas dengan pelayanan dari perusahaan tersebut, maka client tersebut pasti akan merekomendasikan perusahaan software house kita kepada rekan-rekan dari client kita disaat mereka membutuhkan produk software. Oleh karena itu sangatlah penting kepuasan pelanggan, karena itu merupakan ujung tombak dari perusahaan yang sudah berdiri tersebut.

TIPS
Untuk mendapatkan sebuah project/order, bisa dilakukan berbagai macam cara, seperti: melalui rekan/kolega yang berpotensi bisa memberikan project, promosi lewat iklan di media cetak atau internet, hunting project di internet, metode jemput bola (langsung membuat proposal dan penawaran kepada calon client yang berpotensi membutuhkan produk/jasa IT)
Bila modal yang ada minim, tetapi kemampuan/skill IT nya mencukupi, cobalah dengan metode "kumpul bareng" sesama SDM IT membuat usaha gotong royong, masing-masing membawa "sumbangan modal" seperti komputer dan lain-lain, sedangkan output dari hasil project bisa diatur seproporsional mungkin yang menyenangkan semua pihak.
Sumber : dari sini dan sini

No comments:

Post a Comment